June 04, 2016

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA PART 3


Salam sejahtera buat agan dan agan wati se Indonesia, sesuai dengan judulnya mari kita lanjutkan sharing pengalaman ane ttg rekrutmen Xsis mitra utama. Yang belum tau perusahaan apa sih Xsis mitra utama?, silahkan baca dulu di part 1 ya gan.

Sebelum kita masuk ke cerita utama, ane mau minta maaf baru bisa update sekarang, karena kesibukan di dunia nyata, kesibukan apa lagi kalo kesibukan kerjaan gan. ‪#‎soSibuk‬ :D. Sebelumnya ane juga mau berterima kasih buat para pembaca, walaupun tulisan tulisan ane acak2kan terkesan ga layak wkwkwk . tpi alhamdulilah masi ada yang baca yaa hehe. Dan jangan lupa buat tulis di kolom komentar buat agan yang punya pertanyaan atau kritik dan saran ttg tulisan2 ane.

 Oke deh basa basi nya udah aja kali yah, ane tau ko kalo paragraf yang isinya basa basi biasanya di lewat begitu aja wkwk. Mari kita flashback dulu di tulisan sebelumnya ya gan, terahir ane update ttg bagaimana proses interview di Xsis, kali ini ane mau share ttg proses selanjutnya yaitu proses bootcamp. Apa sih bootcamp?. Bootcamp adalah proses training atau proses dimana agan akan dilatih skill teknis dan Non teknis sebelum agan dikatakan layak terjun ke project (itu arti bootcamp di xsis ya gan, kalo d perusahaan lain ane gatau) :D. Tpi untuk sampe ke tahap bootcam tentu saja agan harus lolos tahap interview hehe Menurut pengalaman dan hasil rumusan dari proses yang ane alami (ko jelimet banget kata2 ane -_-). Bootcamp di Xsis dibagi 2 proses yaitu proses penguatan logic dan proses pembelajaran teknologi pemrograman. Untuk mencapai proses ke 2 agan harus lolos tes penguatan logic di 2minggu pertama, ngerti gan? Bingung ya? Hehe. Jadi gini setelah agan lolos interview otomatis agan lolos bootcamp, setelah itu agan di kasi materi logic yang isinya bener2 mengasah logic agan. Disini agan akan diajarin ttg nested for pake if dan pake array. Ini penting utk melatih dan mengasah logika agan2 semua. Latihan logic ini akan dilaksanakan selama 2 minggu dan sangat intensif setiap harinya, jadi siap2 aja ya gan hehe. Naaaaaaah setelah 2 minggu ini selesai, agan akan di tes lagi, materi tesnya agan bakal di suruh bikin pola pake for if dan array. Tes ini juga menentungan keberlangsungan masa depan agan di Xsis. Kalo lolos tahap ini otomatis agan langsung di terima di Xsis (resmi) dan bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pembelajaran mengenai teknologi pemrogramnya. Dan bagi yang ga lolos jangan berkecil hati yaa, kadang Pihak Xsis suka ngasih tawaran lagi ko. Biasanya di tawarin jadi software tester, aplication support dan lain lain .

Mungkin sebagian dari agan agan ada yang merasa kalah duluan dan bilang "yaah ko ribet banget sih prosesnya". buat agan yang bilang gitu ane tekankan, untuk jadi seorang programer yang handal dan layak itu ga gampang gan. butuh proses dan tentu saja prosesnya ga gampang. ane cuman bisa memberi semangat buat agan2 jangan sampe nyerah gitu aja, ayo berjuang. insyallah jika agan diterima di perusahaan ini agan akan banyak mendaatkan ilmu dan bekal di dunia pemrograman. intinya semua yang kita perjuangkan tidak akan menghianati hasil yang dicapai kelak. hehe. oiya intinya kalo agan fresh graduate jangan dulu mikirin gaji gan, fikirin dulu skill agan, ane yakin walaupun agan dan agan wati udah ST, udah SKOM apalah itu, skill agan masih dibawah standar perusahaan2. di Xsis insyallah bisa mengasah skill agan sampe dikatakan layak utk terjun ke project. ngomong2 masalah gaji, di Xsis insyallah profesional hehe (Menyesuaikan lah).

 Wow barusan ane baca isi paragraf dua tiga sama empat tiga ko padet dan berat banget ya pembahasanya -_-. Tapi gpp deh biar singkat dan agan2 semua ga penasaran lagi ttg proses seleksi dan proses bootcampnya. Mungkin part kali ini disudahi saja ya gan hehe. Karna ane udah ngasi tau se singkat dan sepadat mungkin. Kalo ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya gan. Jangan lupa kasi kritik dan saran juga buat ane, biar ane tambah semangat nulisnya. Dan bisa sharing2 pengalaman lain. Sampai jumpa di part selanjutnya. Insyallah ane akan share sedikit gambaran soal2 logic di dua minggu pertama. Daaaah mwaach

20 comments

contoh soal nested logicnya gimana gan? Itu tesnya tulis atau disediakan laptop?

Tes Nested logik setelah 2minggu pertama itu pake laptop gan, langsung ngoding. Kalo masi tahap interview cuman d tulis aja di kertas

Interview teknis ditnya ttg apa aja ya gan?

Xsis nahan ijazah ya gan?

Tahan ijazah karena ngiket agan biar ga kabur, kan agan di training dari 0 sampe bisa pake framework + skill nambah. Kan xsis rugi kalo agan uda d training sampe mahir trus maen kabur2 aja :D, masuk akal kan?

akakakakak. iya bener gan. tar pada kabur. kalo ijazah tidak di tahan. alnya suruh bikin pola. ampe ampe kepala udah ngegas total tapi di satu sisi juga ngerem total. jadinya ya...?? taulah..

gw juga ikutan tes bootcamp di bandung pada tempat yang sama kemaren.

fasilitasnya apa ajah gan? trus bayar berapa? ane tertarik ikut, tapi kalo bayarnya mahal mending belajar di mbah gugel ajah hehe

berapa lama nahan ijazahnya gan? 1 atau 2 tahun?

ternyata pada nyangkanya bootcamp tuh bayar? saya yakinkan pada agan2 semua, bootcampnya gratis gan. agan tu dsana kerja, malah bakal dibayar alias digaji :D

kabar gembira buat agan2 yg ingin bekerja di xsis, sekarang xsis ga nahan2 ijazah bro. :)

serius gan ga nahan ijazah?

yess gan. sebagai gantinya agan bakal dikasi surat pernyataan ikatan kontrak 2 th (khusus bootcamp ya.)

Gan, kasih tips biar bisa lolos bootcampnya xsis. Ane dari fmipa blm ngerti ttg pemrograman. Katanya ada teknikal tesnya ya? Minimal harus menguasai apa gan?

agan dari FMIPA ya?
mau ikut XSIS atau udah?
ane offering minggu depan nih sama juga dari FMIPA, soal logic ane ragu pada kemapuan.
ahahha
jadi galau buat ikut offering besok

coba baca2 ttg basic looping di pemrograman. semacam for, while dll. itu tips dari ane.

Penempatan di clientnya gimana gan, apakah se-team dengan teman dari Xsis, atau seorang aja? Dilanjut gan critanya, pas penempatan atau project kayak gimana situasinya.

oke gan tar ane lanjut ya sharenya. ditunggu sajoo. btw makasi udah mau baca + komen.

saya di panggil Xsis sudah 3 kali ..saya bingung untuk interviewnya soalnya saya masih kerja juga :( padahal itu imppian saya

kalo itu tergantung agan. namanya juga kerja.


EmoticonEmoticon