July 07, 2017

PENGALAMAN PROJECT DI PT. XSIS MITRA UTAMA PART 1

Halo gan gimana nih kabar kalian. Setelah sekian lama ane ga update, kali ini ane mau share lagi nih tentang gimana pengalaman ane kerja di PT. XSIS MITRA UTAMA. Sharing pengalaman ini memang ane bikin, pure ingin berbagi kepada agan agan yang penasaran gimana rasanya kerja di Xsis dari mulai tahap interview sampe ane project dan mungkin kedepanya ane bakal share sampe ane abis kontrak disini.

Ane mau cerita dikit nih gan, kontrak ane di xsis bentar lagi selesai nih gan. Mungkin kira- kira 9 bulan lagi dari 2 tahun. Tapi walaupun ane masih aktif di Xsis dan masi 9 bulan lagi kontraknya abis tapi banyak banget perusahaan yang nawarin ane. Istilahnya goda goda ane buat resign duluan dari xsis dan d undang interview disana. Dan perusahaan yang nawarinya juga ga sembarangan, ya bisa dibilang perusahaan yg bonafid dan cukup dikenal gan. Eh ini bukan bermaksud sombong atau gimana ya gan, ini hanya curahan hati anggap saja motivasi buat agan-agan semua. 

Sebenernya dari tawaran tawaran tersebut muncul niatan untuk resign duluan aja gtu, tpi mengingat adanya pinalti dan ane merasa masih ada tanggung jawab di Xsis ya ane memutuskan untuk menunggu sampe kontrak berakhir dulu.

Oiya gan, kemarin ane liat komen dari salah seorang pembaca, gimana rasanya project di Xsis apakah gabung dgn tim Xsis ataukah dengan tim client. Jadi gini gan, setau ane di Xsis itu ada 2 divisi. Divisi yg pertama adalah divisi IT Expert dan yg kedua adalah Sysdev(System Development). Expert adalah divisi dimana karyawanya ditempatkan di client, dan kemungkinan besar bergabung dengan tim client. Jadi istilahnya client minjem jasa agan buat bantuin project disana.

Kemudian ada tim sysdev, jika tim expert bergabung dengan tim client, tim sysdev itu gabung sama tim Xsis. Jadi Xsis punya tim developer sendiri yang dinamakan Sysdev, intinya gitu sih. Dan ane masuk tim sysdev dari awal ane masuk di Xsis. Sysdev itu biasanya ngerjain project-project pesanan dari client, ngerjainya pun bisa di kantor Xsis, bisa juga ngerjainya di Client. Dalam hal project,perbedaan Sysdev dan Expert adalah, jika sysdev mengerjakan project pesanan client. Tim expert itu biasanya nerusin project yg udah ada di client, dan gabung sama tim client.

Ya mau di expert atau di sysdev sebnernya sama aja gan, gimana rejeki. Enaknya di expert itu ada kemungkinan ditarik sama client, tpi kalo ikut sysdev itu pengalamanya banyak karna terjun di banyak project berbeda. Tapi biasanya dinamis juga, ga jarang dari Expert ikut sysdev dan dari sysdev ikut expert. Intinya sama aja sih :D

Mungkin untuk kali ini segitu dulu aja ya gan. Nanti ane terusin gimana rasanya terjun langsung di project-project Xsis dari suka dan dukanya. Makasi udah mau baca. Jangan lupa komeng komeng ya gan. Sampe jumpa lagi 

This Is The Newest Post

3 comments

Ditunggu cerita lainnya mas.

Jadi menurut mas worthed bagi FreshGrad yg cari ilmu ya..

mau nanya dong, untuk training disediain laptop or pakai punya sendiri?

Iya nih pake sendiri atau udh difasilitasi semua ?
Aku barusan di telfon xsis buat datang tes boothcamp golang.
Beneran g nahan ijazah kan kak ?
Abis baca" de kaskus jg jd bimbang akunya.


EmoticonEmoticon