October 10, 2016

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA PART 4

Halo gan, gimana kabarnya nih, udah lama juga ane ga update ini blog. Ane barusan liat statistic blog ternyata banyak juga yg view dank komeng d blog ane. Ane sangat berterimakasih pada agan2 semua yg udah mau berkunjung dan menyempatkan untuk memberi komentar. Jujur saja itu semua membuat ane jadi lebih semangat lagi untuk share sesuatu dan nulis di blog ini. Btw Ane mau cerita dikit nih tentang pembuatan blog ini, blog ane ini ane buat pas ane kuliah semester 2an. Kala itu tau sendiri masa2 alaynya masih kental :D jadi buat yg aga susah nulis urlnya “hudzmelodic” ane mohon pengertianya ya :D, kalo mau baca2 postingan ane cukup search aja via google “huda avianto blogspot” hehe.

Update kali ini ane mau nerusin share pengalaman di Xsis mitra utama. Terahir ane share itu ttg proses interview sampai ahirnya ketahap bootcamp. Menurut pengalaman ane di Xsis emang tahap tahap awal interview sampai agan lulus bootcamp adalah tahap-tahap paling klimaks :D , kenapa ampe klimaks? Emang tahapanya cukup serius, sebenrnya saling sikut antara pelamar lainya itu bukan saat agan interview, tapi saat agan ikut bootcamp. Terutama pada saat di 2 minggu awal. Tapi insyallah seperti yg ane katakan di part sebelumnya, kalo agan ikutan bootcamp ini bakal nambah ilmu dan skill. :)

Oiya kemarin ane sempet baca komeng dari pembaca, dia nanya kaya gini “gan ikutan bootcamp bayarnya berapa? ”, dan “gan ikutan bootcamp bayar ga?”. Jujur aja ane senyum2 liat komenya, kenapa senyum?. Bukan berarti ane ngetawain komenya, komentar ini yg paling menarik bagi ane. Dan karena pertanyaan inilah ane jadi semangat lagi share pengalaman lagi. Langsung aja ane jelasin ya gan, bootcamp di XSIS itu ga bayar sama sekali, malahan agan bakal di bayar. Emang sih bayaranya blum gede, agan dikasi uang saku aja. Dan kalo agan lulus tahap 2 minggu awal matrikulasi agan bakal dikasi uang pengganti kosan (bagi yg rumahnya diluar Jakarta ya gaan :* ). Kalo masalah salary atau gaji disini kayanya ga perlu ane share disini. Nanti kalo agan ikut interview dan bootcamp bakal dijelasin sejelas jelasnya ko mengenai salarynya . Juju aja gan, ane masuk xsis karena ane merasa belum siap untuk melamar diperusahaan yg tanpa training, kenapa?. Dari pengalaman ane tiap ane liat lowongan dibidang IT diharuskan bisa framework lah, hibernate lah, ajax, css dan apalah apalah :D. jujur kala itu ane masi bego masalah begituan (sekarang emang uda ga bego gitu? wkwkw) ya minimal bisa tau dasarnya skrg mah hehe. Untuk itulah ane ikut bootcamp disini. Ane jadi ngerti gimana konsep OOP, konsep framework, ORM dan tentu saja bisa terjun langsung ke project.

So kesimpulanya, semua pilihan balik lagi ke agan, kalo agan merasa cukup bisa dan mampu untuk apply ke perusahaan yg mensyaratkan harus bisa inilah itulah, yasilahken gan. Kalo agan belum siap ya cari perusahaan yg menyajikan training skill. Ga harus di xsis sih sebenrnya, banyak ko perusahaan sejenis yang member training dulu (training intens ya gan). Oiya btw Postingan ane bukan maksud mempromosikan salahsatu perusahaan atau menjatuhkan salahsatu perusahaan, tapi ane hanya sharing pengalaman pribadi ane. So sekali lagi, pilihan ada ditangan agan. :)

Ga kerasa uda panjang aja nih gan :D, kayanya part ini uda cukup jelas ya gan. Kalo ada yg mau ditanyakan silahkan komeng. Ane bakal seneng dan antusi banget baca komeng komeng agan semua. Dan insyallah bakal ane balas satu2. Oke deh ane pamit dulu ya salam koding :D

 

16 comments

Saling sikutnya gimana gan?? Jadi pingin tau..

kebetulan saya jg ada undangan interview di bdg dinakertrans btw basic php sih udah ada lagi belajar framework dll pakai orm saya taunya di laravel itu jg belum pro masih newbie btw sukses gan

gapapa gan, karna ada beberapa project yang pake laravel juga. pada saat interview jangan lupa kasi info kalo agan punya basic laravel

Gan, dari wawancara ke panggilan bootcamp berapa lama? trus berapa besar kemungkinan lulus bootcamp dan ditempatin di projek?

secepatnya, kira2 3 hari dari sejak wawancara.
kemungkinan lulus bootcamp sangat bergantung dari usaha kamu :)

gan, dikelas agan ada anak non IT kagak?
gue offering nih gan minggu depan tapi masih ragu buat ngambil.

ada gan banyak, dari fisika, matematika dll.
tergantung agan sih, kalo punya keinginan pngen jadi programmer ya hajar aja gan, tar di training ko.

Kontrak 3 tahun ya? Agan dah selesai?

Kontrak 3 tahun ya? Agan dah selesai?

kontrak 3 tahun untuk smk, 1 tahun magang, 2 tahun karyawan. sy masih pegawai aktif xsis mitra utama. :)

Gan di tahap 2 minggu pertama banyak yg gugur kah...?

Gan bootcampnya itu berapa minggu/bulan?

kalo menurut pengalaman ane banyak yg gugur gan, tpi intinya sih pada kemauan agan sendiri.

waktu bootcamp ane kurang lebih 7 minggu gan.

Untuk posisi selain Bootcamp, biasanya berapa lama mas pengumuman keterimanya? Apakah hasil lolos/tidaknya diberitahukan ke semua pelamar yang telah mengikuti interview?

Kebetulan saya udah interview user untuk suatu posisi, terus setelah 2 minggu kemudian saya telpon HRDnya, katanya mereka masih milih2 untuk ploting ke clientnya, apakah ini berarti saya lolos atau masih belum ditentukan ya lulus/tidaknya?

Terimakasih.

biasanya yg d kabari yg keterima aja gan. email aja hrdnya utk lebih jelasnya gan.


EmoticonEmoticon